Cara Membuat Caracter Sederhana Di Blender

pada kesempatan kali ini saya akan  membuat sebuah caracter sederhan di blender 
  1. Kita buka terlebih dahulu aplikasi Blender 3D yang sudah kita install sebelumnya. Lalu akan muncul tampilan awal berupa kubus. Kubus tersebut jangan kita hapus, karena nantinya akan kita gunakan sebagai objek untuk membuat karakter tersebut.
    ss1
    Tampilan Awal Blender
  2. Masuk ke dalam edit mode untuk melakukan perubahan atau pengeditan pada objek. Untuk melakukan hal tersebut kita tekan tombol tab.
  3. Jika sudah, kita akan lakukan pembagian kubus menjadi bagian-bagian ang lebih kecil lagi dengan menggunakan perintah subdivide. Dan untuk menggunakan perintah subdivide kita bisa melakukannya din edit mode dan tekan tombol W lalu pilih subdivide.
    ss2
    Tampilan Hasil Subdivide
  4. Kubus yang sudah dibagi tersebut akan kita gunakan sebagai bentuk kepala pada karakter yang kita buat nanti. Dan untuk membuatnya kita bisa menggunakan tombol Alt+Shift+S untuk merubah bentuk dari sebuah kubus menjadi bentuk yang menyerupai lingkaran. Tetapi lingkaran yang terbentuk masih belum rapih dan masih memiliki sudut-sudut seperti bentuk kubus. Maka kita rapihkan lagi sehingga seperti bentuk dibawah ini.
    ss3
    Proses Pembentukkan Kepala
  5. Kemudian kita akan membuat bagian tubuh atau badan. Pertama kita hapus face select (titik pada bagian sisi objek) bagian bawah dari kepala tadi, lalu kita extrude dan size kecilkan dengan menggunakan tombol E+S. Sehingga ada lubang kecil untuk membentuk bagian lehernya. Kemudian pada bagian leher tersebut kita extrude ke bawah untuk membuat bagian badan dari objek. Karena bagian tersebut mengikitu ukuran dari leher, maka kita perlu membesarkan ukurannya dengan perintah size atau tekan tombol S, sehingga menjadi sebuah badan.
    ss4
    Tampilan Bentuk Badan
  6. Ketika badan tersebut sudah jadi untuk mempemudah membuatnya kita akan memakai modifier “Mirror” sehingga ketika merubah bagian kanannya makanya bagian kirinya akan mengikuti perubahan tersebut. tetapi kita harus menghapus setengah dari kepala hingga badan tersebut. lalu pilih modifier di sebelah kanan jendela blender dan pilih “Mirror”.
    ss5
    Proses Miror
    ss6
    Tampilan Modifier Mirror
  7. Selanjutnya jika badan sudah terbentuk maka kita akan membuat kaki dan tangan. Disini kita menggunakan teknik extrude untuk memanjangkan bagian yang nantinya akan dibentuk menjadi sebuah tangan dan kaki.
    ss7
    Tampilan Kaki
    ss8
    Tampilan Tangan
  8. Terakhir pewarnaan untuk karakter tersebut dengan menggunakan material, disini saya memiliki beberapa warna untuk setiap bagian.
    ss9
    Hasil Akhir Karakter
ss10
Tampilan Modifier Material

Komentar

Postingan Populer